Minggu, 22 Januari 2017

HUKUM ANAK ANGKAT


Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya anak angkat dari orang lain, bukan dari anak familinya terkait hubungan dengan ayah/ibu angkatnya. Apakah bila anaknya tersebut perempuan maka batal wudhu jika bersentuhan dengan bapak angkatnya? Atau bila anak tersebut laki-laki batal wudhu ketika bersentuhan dengan ibu angkatnya? Padahal  keduanya merawat mulai dari lahir.
Jawaban :
Dalam Islam hukum anak angkat sama dengan orang lain. Yang dapat menyebabkan mahram hanya tiga hal, hubungan kekerabatan, hubungan susuan, dan hubungan akibat pernikahan. Jadi mengangkat sebagai anak tidak menyebabkan anak itu mahram. Perkecualiannya jika anak itu di susui oleh ibu angkat sebanyak lima kali sebelum anak itu berumur dua tahun, maka ia bisa menjadi mahram melalui jalur susuan.
Berdasarkan hal ini maka putri angkat bukan mahram dengan ayah angkatnya sehingga jika sudah besar wajib menutup aurat di hadapanya dan tidak boleh saling bersentuhan. Jika bersentuhan maka batal wudhunya. Ayah angkat tidak bisa menjadi wali nikah dari anak angkat perempuan. Bahkan ayah angkat boleh menikahi putri angkatnya sendiri. Ibu angkat pun demikian hukumnya ketika berhubungan dengan anak angkat lelaki.
Pada awal Islam memang anak angkat dianggap seperti anak sendiri yang dapat mewarisi. Nabi SAW memiliki anak angkat bernama Zaid bin Haritsah yang diaku sebagai anak ketika itu sehingga dipanggil Zaid bin Muhammad. Setelah itu, Allah SWT membatalkan hukum anak angkat melalui ayat:
ادْعُوهُمْ لِآَبَائِهِمْ هُوَ أَقْسَطُ عِنْدَ اللَّهِ فَإِنْ لَمْ تَعْلَمُوا آَبَاءَهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ فِي الدِّينِ وَمَوَالِيكُمْ وَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ فِيمَا أَخْطَأْتُمْ بِهِ وَلَكِنْ مَا تَعَمَّدَتْ قُلُوبُكُمْ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Panggilah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; itulah yang lebih adil pada sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggilah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu. Dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS al Ahzab: 5)
Maka sejak saat Sahabat Zaid tidak lagi dipanggil Zaid bin Muhammad, melainkan Zaid bin Haritsah.
Ayat ini juga membatalkan hukum anak angkat. Anak angkat tidak berhak mendapatkan warisan. Dan anak angkat juga bukan salah satu mahram.

Mengasuh dan membantu anak kurang mampu adalah kebaikan yang sangat besar pahalanya. Tetai tetap harus memperhatikan rambu-rambu syariat. Jangan sampai perbuatan baik kita ternoda oleh dosa karena ketidak-mengertian kita tentang hukum syariat.

Referensi
كفاية الأخيار في حل غاية الاختصار (ص: 362)
اعْلَم أَن أَسبَاب الْحُرْمَة المؤبدة للنِّكَاح ثَلَاث قرَابَة ورضاع ومصاهرة السَّبَب الأول الْقَرَابَة وَيحرم بهَا سبع كَمَا ذكرهن الشَّيْخ لقَوْله تَعَالَى {حُرِّمَتْ عَلَيْكُمْ أُمَّهَاتُكُمْ} إِلَى قَوْله {وَبَنَاتُ الْأُخْتِ} فَهَؤُلَاءِ مُحرمَات بِالنَّصِّ وَلَا تحرم بَنَات الْأَعْمَام والعمات والأخوال والخالات قربن أم بعدن عكس السابقات قَالَ الْأُسْتَاذ أَبُو مَنْصُور وَيحرم نسَاء الْقَرَابَة إِلَّا من دخلت فِي اسْم ولد العمومة أَو ولد الخؤولة وَالله أعلم
كفاية الأخيار في حل غاية الاختصار (ص: 434)
بَاب الرَّضَاع فصل فِي الرَّضَاع إِذا أرضعت الْمَرْأَة بلبنها ولدا صَار الرَّضِيع وَلَدهَا بِشَرْطَيْنِ: أَحدهمَا أَن يكون لَهُ دون الْحَوْلَيْنِ. وَالثَّانِي أَن ترْضِعه خمس رَضعَات متفرقات
الرَّضَاع بِكَسْر الرَّاء وَفتحهَا وَيُقَال رضع بِكَسْر الضَّاد يرضع بِفَتْحِهَا وَبِالْعَكْسِ وَالْأَصْل فِيهِ الْكتاب وَالسّنة وَإِجْمَاع الْأمة قَالَ الله تَعَالَى {وَأُمَّهَاتُكُمُ اللَّاتِي أَرْضَعْنَكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ مِنَ الرَّضَاعَةِ} وَعَن عَائِشَة رَضِي الله عَنْهَا أَن رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم قَالَ يحرم من الرَّضَاع مَا يحرم من النّسَب
النجم الوهاج في شرح المنهاج (7/ 117)
فائدة:
كان زيد بن حارثة كلبيًا قضاعيًا، سبي وهو صغير، فابتاعه حكيم بن حزام لعمته خديجة، فوهبته للنبي صلى الله عليه وسلم لما تزوج بها فأنعم عليه صلى الله عليه وسلم بالعتق، كما أنعم الله عليه يالإسلام، ثم زوجه بركة أم أيمن، فولدت له أسامة، ثم زوجه زينب بنت جحش بنت عمته، ثم طلقها فتزوجها النبي صلى الله عليه وسلم؛ ليعلم الناس انقطاع التبني المشار إليه بقوله تعالى: {ادْعُوهُمْ لآَبَائِهِمْ}، ثم جبره الله تعالى بذكره في القرآن دون غيره من الصحابة.
وروى أبو جعفر الطحاوي عن عائشة رضي الله عنها: أن النبي صلى الله عليه وسلم أمر زيدًا أن ينطلق إلى مكة ويأتي بابنته زينب وهي أكبر بناته، وأعطاه خاتمه، فجاء زيد إلى راعي غنم كان لها فأعطاه الخاتم، فلما رأته عرفته، فلما كان الليل خرجت مهاجرة فعرض لها هبار بن الأسود رضي الله عنه – وكان يومئذ مشركًا – فضرب هودجها ونخس الراحلة، وكانت حاملاً فأسقطت ولم تزل تهراق الدماء إلى أن ماتت بعد أعوام، فأردفها زيد وراءه إلى أن أتت المدينة.
وأجاب الطحاوي بأن زيدًا حينئذ كان أخًا لها بحكم التبني؛ لأن ذلك كان قبل نزول (سورة الأحزاب).
واستفيد من قصة زيد أيضًا ثبوت الرق على العرب، خلافًا لأبي حنيفة ومن وافقه.
الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي) 4/ 14(
وخرج بقوله تعالى : { الَّذِينَ مِنْ أَصْلاَبِكُمْ } زوجة الابن المتبنّى ، فإنهم كانوا في الجاهلية يتبنّون ، ويحرمون زوجة المتبنى ، فأبطل الإسلام التبني ، وأحلّ الزواج من زوجة المتبنّى

Sumber: forsansalaf.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar