Jumat, 03 Februari 2017

Hukum Minum Sambil Berdiri


Pertanyaan:
Ustadz, bagaimana hukumnya minum sambil berdiri, apakah boleh ?
Jawab:
Meminum sambil berdiri  tanpa adanya uzur menurut pendapat yang kuat hukumnya adalah Khilaful Aula (menyelisihi yang lebih utama). Minum sambil duduk itu lebih baik daripada minum sambil berdiri atau berbaring. Bahkan Imam Nawawi dalam Syarah Muslim mengatakan bahwa hukumnya adalah Makruh.
Rasulullah SAW selalu minum sambil duduk, pernah Rasulullah SAW minum sambil berdiri, akan tetapi itu hanyalah untuk menjelaskan bahwa minum sambil berdiri bukanlah hal yang haram. Melainkan Khilaful Aula atau Makruh.
Minum sambil berdiri tidak dianjurkan karena ada larangan dari Nabi SAW. Minum sambil berdiri juga dapat menimbulkan beberapa dampak negatif, diantaranya adalah:
  1. Tidak akan memberikan kesegaran secara sempurna.
  2. Air tidak menetap di lambung yang (seharusnya) bisa dibagi oleh hati ke seluruh tubuh.
  3. Air langsung masuk ke lambung dengan cepat, hal ini dapat membahayakan pencernaan.
Dianjurkan bagi orang yang terlanjur minum sambil berdiri dengan sengaja atau lupa untuk melakukan hal-hal berikut ini:
  1. Memuntahkannya, ini berdasarkan sabda Nabi SAW:
لَا يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِيَ فَلْيَسْتَقِئْ
Janganlah salah seorang dari kalian minum sambil berdiri. Jika ada yang lupa maka muntahkanlah. (HR Muslim)
  1. Membaca do’a :
اللهم صل على سيدنا محمد الذي شرب الماء قائما وقاعدا
Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin alladzi syaribal ma’a qoiman wa qo’idan.
Ya Allah limpahkan shalawat kepada Sayidina Muhammad yang pernah minum air sambil berdiri dan sambil duduk.
Dengan sebab ini, insya Allah ia akan terhindar dari bahaya yang disebabkan minum sambil berdiri.
  1. Menurut sebagian ahli hikmah menggerak-gerakan jempol kaki ketika minum sambil berdiri dapat mencegah akibat buruknya.
Wallahu A`lam
Referensi:
إعانة الطالبين – (ج 3 / ص 417)
(قوله: والشرب قائما خلاف الاولى) عبارة الروض وشرحه: والشرب قاعدا أولى منه قائما أو مضطجعا، فالشرب قائما بلا عذر خلاف الاولى، كما اختاره في الروضة، لكنه صوب في شرح مسلم كراهته، وأما شربه (ص) قائما فلبيان الجواز.قال في شرح مسلم: ويستحب لمن شرب قائما عالما أو ناسيا أن يتقيأه: لخبر مسلم لا يشربن أحدكم قائما، فمن نسي فليستقئ اه(واعلم) أنه استثنى بعضهم شرب ماء زمزم وقال: إنه يسن الشرب منه قائما اتباعا، فقد صح عن ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي (ص) شرب من زمزم وهو قائم ورده الباجوري في حاشية الشمائل بما نصه: وإنما شرب (ص) وهو قائم، مع نهيه عنه، لبيان الجواز، ففعله ليس مكروها في حقه، بل واجب، فسقط قول بعضهم إنه يسن الشرب من زمزم قائما اتباعا له (ص)، ولا حاجة لدعوي النسخ أو تضعيف النهي لانه حيث أمكن الجمع وجب المصير إليه.ثم قال: قال ابن القيم للشرب قائما آفات منها: أنه لا يحصل به الري التام، ولا يستقر في المعدة حتى يقسمه الكبد على الاعضاء، ويلاقي المعدة بسرعة، فربما برد حرارتها ويسرع النفوذ إلى أسافل البدن فيضر ضررا بينا، ومن ثم سن أن يتقيأه، ولو فعله سهوا، لانه يحرك أخلاطا يدفعها القئ.ويسن لمن شرب قائما أن يقول: اللهم صل على سيدنا محمد الذي شرب الماء قائما وقاعدا فإنه بسبب ذلك يندفع عنه الضرر.وذكر الحكماء أن تحريك الشخص إبهامي رجليه حال الشرب قائما يدفع ضرره.
أسنى المطالب – (ج 15 / ص 430)(
 وَالشُّرْبُ قَاعِدًا أَوْلَى ) مِنْهُ قَائِمًا أَوْ مُضْطَجِعًا فَالشُّرْبُ قَائِمًا بِلَا عُذْرٍ خِلَافُ الْأَوْلَى كَمَا اخْتَارَهُ فِي الرَّوْضَةِ لَكِنَّهُ صَوَّبَ فِي شَرْحِ مُسْلِمٍ كَرَاهَتَهُ وَأَمَّا شُرْبُهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَائِمًا فَلِبَيَانِ الْجَوَازِ قَالَ فِي شَرْحِ مُسْلِمٍ وَيُسْتَحَبُّ لِمَنْ شَرِبَ قَائِمًا عَالِمًا أَوْ نَاسِيًا أَنْ يَتَقَيَّأَ لِخَبَرِ مُسْلِمٍ { لَا يَشْرَبَنَّ أَحَدُكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِيَ فَلْيَسْتَقِئْ } .

sumber: forsansalaf.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar